A. Pendahuluan
Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang hal-hal yang akan dikerjakan di masa mendatang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan (Siagian, 1990). Perencanaan dapat juga diartikan sebagai suatu rencana kegiatan tentang apa yang harus dilakukan, bagaimana kegiatan itu dilaksanakan, dimana kegiatan itu dilakukan. Sehingga perencanaan yang matang akan memberi petunjuk dan mempermudah dalam melaksanakan suatu kegiatan. Dalam suatu organisasi perencanaan merupakan pola pikir yang dapat menentukan keberhasilan suatu kegiatan dan titik tolak dari kegiatan pelaksanaan kegiatan selanjutnya.
Kegiatan perencanaan dalam praktek keperawatan profesional merupakan upaya meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan keperawatan sehingga mutu pelayanan bukan saja dapat dipertahankan tapi bisa terus meningkat sampai tercapai derajat kepuasan tertinggi bagi penerima jasa pelayanan keperawatan dan pelaksana pelayanan itu sendiri. Dengan demikian sangat dibutuhkan perencanaan yang profesional juga.
Jenis-jenis perencanaan terdiri dari rencana jangka panjang, rencana jangka menengah dan rencana jangka pendek. Perencanaan jangka panjang disebut juga perencanaan strategis yang disusun untuk 3 sampai 10 tahun. Perencanaan jangka menengah dibuat dan berlaku 1 sampai 5 tahun. Sedangkan perencanaan jangka pendek dibuat satu jam sampai dengan satu tahun. Hirarki dalam perencanaan terdiri dari perumusan visi, misi, filosofi, peraturan, kebijakan, dan prosedur (Marquis & Houston, 1998).
Kegiatan perencanaan yang dipakai di ruang MPKP meliputi perumusan visi, misi, filosofi dan kebijakan. Sedangkan untuk jenis perencanaan yang diterapkan adalah perencanaan jangka pendek yang meliputi rencana kegiatan harian, bulanan dan tahunan.
C. Visi Di Ruang MPKP
D. Misi Di Ruang MPKP
E. Filosofi di Ruang MPKP
F. Kebijakan di ruang MPKP
“Staf MPKP bertugas berdasarkan SK”
G. Rencana Jangka Pendek di Ruang MPKP
Tabel I.1. Rencana Harian Kepala Ruangan
Waktu | Kegiatan | Keterangan |
07.00 | Operan Pre conference (jika jumlah tim lebih dari 1), mengecek SDM dan sarana prasarana. | |
08.00 | Mengecek kebutuhan pasien (pemeriksaan, kondisi dll) | |
09.00 | Melakukan interaksi dengan pasien baru atau pasien yang memerlukan perhatian khusus | |
10.00 | Melakukan supervisi pada ketua tim/perawat pelaksana Perawat 1 :………………………..(nama) ……………………………………(tindakan) Perawat 2 :………………………..(nama) ……………………………………(tindakan) Perawat 3 :………………………..(nama) ……………………………………(tindakan) | |
11.00 | Hubungan dengan bagian lain terkait rapat-rapat terstruktur/insidentil | |
12.00 | Mengecek ulang keadaan pasien, perawat, lingkungan yang belum teratasi Ishoma | |
13.00 | Mempersiapkan dan merencanakan kegiatan asuhan keperawatan untuk sore, malam dan esok hari sesuai tingkat ketergantungan pasien Mengobservasi post conference | |
14.00 | Operan | |
Waktu | Kegiatan | Keterangan |
07.00 | Operan Pre conference (jika jumlah anggota tim lebih dari 1 orang) Membimbing makan dan memberi obat pasien | |
08.00 | Pasien 1…………………………(tindakan) Pasien 2…………………………(tindakan) Pasien 3…………………………..(tindakan) | |
09.00 | Supervisi perawat (dapat diatur sesuai kondisi dan kebutuhan) Perawat 1.......................................(nama) …………………………………..(tindakan) Perawat 2.......................................(nama) .......................................................(tindakan) | |
10.00 | Memimpin Terapi Aktivitas Kelompok | |
11.00 | Pasien 1…………………………(tindakan) Pasien 2…………………………(tindakan) Pasin 3…………………………..(tindakan) | |
12.00 | Membimbing makan dan memberi obat pasien Ishoma | |
13.00 | Post conference dan menulis dokumentasi Memeriksa kelengkapan dokumentasi askep Alokasi pasien sesuai dengan perawat yang dinas | |
14.00 | Operan | |
Waktu | Kegiatan | Ket | ||
07.00 | 14.00 | 21.00 | Operan Pre conference (jika 1 tim lebih dari 1 orang) Membimbing makan dan memberikan obat (dinas pagi) | |
08.00 | 15.00 | 22.00 | Pasien 1……………………………(tindakan) Pasien 2……………………………(tindakan) Pasien 3……………………………(tindakan) | |
09.00 | 16.00 | 23.00 | Pasien 4……………………………(tindakan) Pasien 5……………………………(tindakan) Pasien 6……………………………(tindakan) | |
10.00 | 17.00 | 24.00 | Pasien 1……………………………(tindakan) Pasien 2……………………………(tindakan) Pasien 3……………………………(tindakan) | |
11.00 | 18.00 | 05.00 | Pasien 4……………………………(tindakan) Pasien 5……………………………(tindakan) Pasien 6……………………………(tindakan) | |
12.00 | 19.00 | | Membimbing makan dan memberi obat pasien Istirahat | |
13.00 | 20.00 | 06.00 | Post Conference (jika tim lebih dari satu orang) dan dokumentasi askep | |
14.00 | 21.00 | 07.00 | Operan | |
No | Nama Perawat | Bulan : | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | | | | 30 | Jml | % | ||
1 | Ali | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | 9 | 100 |
2 | Adi | - | Ö | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | Ö | Ö | 9 | 90 |
3 | Ani | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | 9 | 100 |
4 | Ami | 0 | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | 8 | 100 |
5 | Aki | - | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | Ö | Ö | Ö | 9 | 90 |
6 | Bona | 0 | Ö | Ö | Ö | - | Ö | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | 8 | 88,9 |
7 | Buni | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | 9 | 100 |
8 | Buri | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | Ö | Ö | 0 | Ö | Ö | 9 | 100 |
- Rencana bulanan
RENCANA KEGIATAN BULANAN KEPALA RUANGAN MPKPBulan : ______________________ | ||||||
Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu | Minggu |
1 Rapat Rgn LapBul | 2 Supervisi Katim | 3 Audit dok | 4 Supervisi PA | 5 Audit dok | 6 Penkes Klp Klg | 7 |
8 Rapat koord | 9 Supervisi Katim | 10 Audit dok | 11 Supervisi PA | 12 Audit dok | 13 Case Conf | 14 |
15 | 16 Supervisi Katim | 17 Audit dok | 18 Supervisi PA | 19 Audit dok | 20 Penkes Klp Klg | 21 |
22 Menyusun jadwal Dinas | 23 Supervisi Katim | 24 Audit dok | 25 Supervisi PA | 26 Audit dok | 27 Case Conf | 28 |
29 Rapat Koord | 30 Supervisi Katim | 31 Audit dok | | | | |
Mengetahui Kepala Ruangan ( ……………………..) |
Bulan : ______________________ | ||||||
Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu | Minggu |
1 Rapat Ruangan | 2 Supervisi PA | 3 Supervisi PA | 4 Supervisi PA | 5 Supervisi PA | 6 Case Conf Penkes Klg | 7 |
8 Alokasi pasien | 9 Supervisi PA | 10 Supervisi PA | 11 Supervisi PA | 12 Supervisi PA | 13 Case Conf Penkes Klg | 14 |
15 Alokasi pasien | 16 Supervisi PA | 17 Supervisi PA | 18 Supervisi PA | 19 Supervisi PA | 20 Case Conf Penkes Klg | 21 |
22 Menyusun jadwal dinas Tim | 23 Supervisi PA | 24 Supervisi PA | 25 Supervisi PA | 26 Supervisi PA | 27 Case Conf Penkes Klg | 28 |
29 Menyusun Laporan Tim | 30 Koordinasi dg Katim menyusun Lap Bln | 31 Menyusun Laporan Bulanan | | | | |
Ketua Tim Kepala Ruangan ( ……………………..) ( ………………………) |
- Rencana tahunan
Setelah mengikuti pelatihan MPKP diharapkan perawat mampu:
1. Merumuskan visi ruang MPKP
2. Merumuskan misi ruang MPKP
3. Merumuskan filosofi ruang MPKP
4. Memahami kebijakan ruang MPKP
5. Menyusun perencanaan jangka pendek yang meliputi rencana harian, bulanan dan tahunan
Visi adalah pernyataan singkat yang menyatakan mengapa organisasi itu dibentuk serta tujuan organisasi tersebut. Visi perlu dirumuskan sebagai landasan perencanaan organisasi.
Contoh visi di Ruang MPKP RSMM Bogor adalah “Mengoptimalkan kemampuan hidup klien gangguan jiwa sesuai dengan kemampuannya dengan melibatkan keluarga.”
Misi adalah pernyataan yang menjelaskan tujuan organisasi dalam mencapai visi yang telah ditetapkan.
Contoh misi di Ruang MPKP di RSMM Bogor adalah “Memberikan pelayanan prima secara holistik meliputi bio, psiko, sosio dan spiritual dengan pendekatan keilmuan keperawatan kesehatan jiwa yang professional.”
Filosofi adalah seperangkat nilai-nilai yang mengakar dan menjadi rujukan semua kegiatan dalam organisasi dan menjadi landasan dan arahan seluruh perencanaan jangka panjang. Nilai-nilai dalam filosofi dapat lebih dari satu.
Beberapa contoh pernyataan filosofi :
Individu memiliki harkat dan martabat
Individu mempunyai tujuan tumbuh dan berkembang
Setiap individu memiliki potensi berubah
Setiap orang berfungsi holistik (berinteraksi dan bereaksi terhadap lingkungan)
Kebijakan adalah pernyataan yang menjadi acuan organisasi dalam pengambilan keputusan.
Contoh kebijakan di ruang MPKP RSMM Bogor:
“Kepala Ruangan MPKP dipilih melalui fit and proper test”
Rencana jangka pendek yang diterapkan di ruang MPKP terdiri dari rencana harian, bulanan dan tahunan.
1. Rencana harian
Rencana harian adalah kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perawat sesuai dengan perannya masing-masing, yang dibuat pada setiap shift. Isi kegiatan disesuaikan dengan peran dan fungsi perawat. Rencana harian dibuat sebelum operan dilakukan dan dilengkapi pada saat operan dan pre conference.
a. Rencana harian kepala ruangan
Isi rencana harian Kepala Ruangan meliputi:
· Asuhan keperawatan,
· Supervisi Katim dan Perawat pelaksana
· Supervisi tenaga selain perawat dan kerja sama dengan unit lain yang terkait.
Contoh Rencana Harian Kepala Ruangan dapat dilihat pada Tabel I.1.
Nama : Ruangan: Tanggal:
Jumlah perawat: Jumlah pasien:
b. Rencana Harian Ketua Tim
Isi rencana harian ketua tim adalah:
· Penyelenggaraan asuhan keperawatan pasien pada tim yang menjadi tanggung jawabnya
· Melakukan supervisi perawat pelaksana
· Kolaborasi dengan dokter atau tim kesehatan lain.
· Alokasi pasien sesuai perawat yang dinas
Contoh Rencana Harian Ketua Tim dapat dilihat pada Tabel I.2.
Nama Perawat: Ruangan: Tanggal:
Nama pasien:
1. ________________ 4. ______________
2. ________________ 5. ______________
3. ________________ 6. ______________
c. Rencana Harian Perawat Pelaksana
Isi rencana harian perawat pelaksana adalah tindakan keperawatan untuk sejumlah pasien yang dirawat pada shift dinasnya. Rencana harian perawat pelaksana shif sore dan malam agak berbeda jika hanya satu orang dalam satu tim maka perawat tersebut berperan sebagai ketua tim dan perawat pelaksana sehingga tidak ada kegiatan predan post conference.
Contoh Rencana Harian Perawat Pelaksana dapat dilihat pada Tabel I.3.
Nama perawat : Ruangan : Tanggal:
Nama pasien :
1. _____________ 4. ___________________
2. _____________ 5. ___________________
3. _____________ 6. ___________________
d. Penilaian Rencana Harian Perawat
Untuk menilai keberhasilan dari perencanaan harian dilakukan melalui observasi menggunakan instrumen jurnal rencana harian (Tabel I.4).
Setiap Ketua Tim mempunyai instrumen dan mengisinya setiap hari. Pada akhir bulan dapat dihitung presentasi pembuatan rencana harian masing-masing perawat.
Keterangan (Ö ) Perawat membuat rencana harian
( - ) Perawat tidak membuat rencana harian
( 0 ) Perawat libur
Presentasi RH = Jumlah RH yg dibuat x 100%
Jumlah hari dinas pd bulan tersebut
- Rencana Bulanan
a. Rencana bulanan karu
Setiap akhir bulan Kepala Ruangan melakukan evaluasi hasil keempat pilar atau nilai MPKP dan berdasarkan hasil evaluasi tersebut kepala ruangan akan membuat rrencana tindak lanjut dalan rangka peningkatan kualitas hasil. Kegiatan yang mencakup rencana bulanan karu adalah:
· Membuat jadual dan memimpin case conference
· Membuat jadual dan memimpin pendidikan kesehatan kelompok keluarga
· Membuat jadual dinas
· Membuat jadual petugas TAK
· Membuat jadual dan memimpin rapat bulanan perawat
· Melakukan jadwal dan memimpin rapat tim kesehatan
· Membuat jadwal supervisi dan penilaian kinerja ketua tim dan perawat pelaksana
· Melakukan audit dokumentasi
· Membuat laporan bulanan
Contoh Rencana Bulanan Kepala Ruangan dapat dilihat pada Tabel I.5.
b. Rencana bulanan ketua tim
Setiap akhir bulan ketua tim melakukan evaluasi tentang keberhasilan kegiatan yang dilakukan ditimnya. Kegiatan-egiatan yang mencakup rencana bulanan katim adalah:
· Mempresentasikan kasus dalam case conference
· Memimpin pendidikan kesehatan kelompok keluarga
· Melakukan supervisi perawat pelaksana
Setiap akhir tahun kepala ruangan melakukan evalusi hasil kegiatan dalam satu tahun yang dijadikan sebagai acuan rencana tindak lanjut serta penyusunan rencana tahunan berikutnya. Rencana kegiatan tahunan mencakup:
· Menyusun laporan tahunan yang berisi tentang kinerja MPKP baik proses kegiatan (aktivitas yang sudah dilaksanakan dari 4 pilar praktek professional) serta evaluasi mutu pelayanan
· Melaksanakan rotasi tim untuk penyegaran anggota masing-masing tim.
· Penyegaran terkait dengan materi MPKP khusus kegiatan yang masih rendah pencapaiannya. Ini bertujuan mempertahankan kinerja yang telah dicapai MPKP bahkan meningkatkannnya di masa mendatang
· Pengembangan SDM dalam bentuk rekomendasi peningkatan jenjang karir perawat (pelaksana menjadi katim, katim menjadi karu), rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan formal, membuat jadual untuk mengikuti pelatihan-pelatihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog