Senin, 26 September 2011

Bagaimanakah mengembangkan Pola Bimbingan Keperawatan


Bimbingan Keperawatan, saat ini masih jauh dari harapan untuk sempurna bagi penciptaan generasi perawatan yang akan datang? mengapa demikian? sebagai contoh. Rumah sakit sebagai tempat praktek keperawatan masih melakukan yang berbeda-beda konsep, tidak apalah beda konsep.. ini kan menjadi citra yang kurang baik pada akhirnya. Persoalan ini hampir terjadi di sebagian besar rumah sakit yang ada di Indonesia, figur perawat pendidik masih belum banyak dan masih membawa nama akunya saat melakukan tranfer of knowledge, kurang mendasar pada kondisi saat ini dan tantangan yang akan datang. Pengalaman, peningkatan pengetahuan perawat perlu ditingkatkan supaya mutu layanan keperawatan bisa menjadi lebih baik.
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu layanan keperawatan maka dalam proses bimbingan klinik keperawatanpun harus memahami bagaimana perawat pendidik bisa melakukan bimbingan belajar kepada yuniornya dengan baik. berikut sebagai curhatan saya sebagai tahapan bimbingan klinik: 

1.      Kontrak Belajar
Kontrak belajar diawali pada hari pertama praktek klinik, membuat kesepakatan jadwal dinas, jadwal bimbingan dan ujian dengan pembimbing klinik dan lain sebagaiinya yang diperlukan diawal
2.      Fase Bimbingan
Mekanisme bimbingan ini akan dibagi menjadi 3 fase, yaitu : fase persiapan, fase pelaksanaan dan fase evaluasi. Pada setiap fase tersebut pembimbing dan yunior, calon perawat  diharuskan melakukan interaksi sesuai fase tersebut.
 Berikut adalah uraian mekanisme bimbingan berdasarkan fase-fase secara umum tersebut :

Fase Bimbingan
Tugas pembimbing
Tugas Peserta Didik
Fase Persiapan
·      Memberikan informasi tentang klien yang meliputi : diagnosis medis, nama, umur.
·      Melakukan pre conference
·      Mengevaluasi pemahaman mahasiswa ( responsi )
·      Membuat laporan pendahuluan yang meliputi : definisi penyakit/kelainan, patofisiologi, dan rencana perawatan 
·      Mengikuti pre conference
·      Menjelaskan informasi tentang klien yang berkaitan dengan laporan pendahuluan
·      Memahami laporan pendahuluan
·      Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pembimbing
·      Membuat persiapan perkenalan dengan klien
Fase
Pelaksanaan
·      Mengobservasi mahasiswa
·      Memberikan umpan balik
·      Memberikan bimbingan untuk menumbuhkan kemampuan intelektual, teknikal dan interpersonal
·      Melakukan ronde keperawatan
·      Melakukan post conference
·      Memperkenalkan diri ke pasien
·      Melakukan kontrak dengan klien
·      Melakukan validasi/pengkajian berdasarkan diagnosa keperawatan
·      Melakukan bed side teaching
·      Mengikuti post conference
Fase
Evaluasi
·      Melakukan bimbingan dan observasi tentang kemampuan interpersonal
·      Menerima laporan hasil asuhan keperawatan dari peserta didik
·      Memeriksa laporan yang diberikan peserta didik
·      Mengevaluasi laporan
·      Memberikan feed back kepada peserta didik
·      Menyimpulkan hasil yang dicapai selama proses asuhan keperawatan dengan klien
·      Membuat laporan lengkap tentang asuhan keperawatan yang telah dijalankan
·      Menyerahkan laporan kepada pembimbing
·      Menerima hasil evaluasi dan feed back dari pembimbing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog