Selasa, 27 September 2011

Uraian tugas Jabatan dalam Struktur Organisasi Keperawatan di Ruang Rawat Inap


Tugas dalam keperawatan di unit keperawatan ruangan dapat diuraikan sebagai berikut:

I. KEPALA RUANGAN
-          Operan pasien
-          Menghadiri rapat
-          Mengatur dan mengendalikan kegiatan organisasi.
-          Mengawasi dan melaksanakan program RS
-          Membimbing, melaksanakan, mengawasi dokumen medik
-          Membimbing, melaksanakan, mengawasi catatan Keperawatan.
-          Mengawasi dan menilai pelaksanaan Tim Keperawatan berdasarkan rencana perawat.
-          Mengawasi dan meneliti pemberian obat.
-          Menciptakan lingkungan ABCD
-          Merencanakan kebutuhan sarana
-          Memelihara hubungan yangt harmonis dengan bawahan dan institut RS yang terkait.
-          Mengawasi dan meneliti permintaan dan pemberian obat-obatan.
-          Mendampingi visite besar.
-          Mengadakan pertemuan berkala
-          Membuat DP3
-          Mengembangkan pengetahuan / keterampilan karyawan
-          Melaksanakan pengelolaan administrasi obat-obatan dan membuat laporan
-          Melaksanakan supervisi dan tugas pengamat
-          Mengatur cuti, izin, pindah keluar dan kenaikan pangkat.
-          Menyimpan data ,  kondite
-          Mendelegasikan sebagian tugas kepada Wakil I dan Wakil II.
-          Menunjang program pendidikan
-          Menunjang tugas koordinator siaga.
II. TATA  USAHA  :

-          Melaksanakan pencatatan data lengkap px : masuk, pulang, meninggal.
-          Melaksanakan pengiriman laporan harian dan direktur.
-          Membuat bon makanan, laporan harian dan kapasitet.
-          Membantu buat macam-macam data Kepegawaian.
-          Membuat perincian.

III. WAKIL  I  :

-          Operan pasien
-          Mewakili Kepala Ruangan
-          Membantu membimbing siswa/ mahasiswa
-          Melaksanakan program latihan/prosedur.
-          Membatu bawahan dalam menghadapi masalah dinas/pribadi
-          Menumbuhkan serta mempertahankan semangat kerja bagi karyawan.
-          Mengawasi dan membantu kelancaran pelaksanaan program medik
-          Menciptakan l;ingkungan ABCD.
-          Membuat dan melaksanakan Asuhan Keperawatan pada px.
-          Meneliti renpra dan catatan perawatan px.
-          Mengawasi dan meneliti pemberian obat-obatan dan makanan.
-          Bertanggung jawab dan membuat laporan pelaksnaan survailance Dalin.
-          Menciptakan disiplin kerja bagi karyawan dan iklim kerjasama yang baik.
-          Mengembangkan potensi profesional diri sendiri/bawahan untuk meningkatkan mutu pelayanan.

IV. WAKIL  II  :

-          Operan pasien.
-          Mewakili Karu / Wakil I rapat.
-          Membantu   :
§ Mencatat dan melaporkan ti ndakan /reaksi pasien pada catatan perawat.
§ Membimbing dan menghadapi masalah bawahan dalam pekerjaan / pribadi.
§ Administrasi, pengelolaan obat-obatan dan membuat laporan.
§ Membuat dan melaporkan Asuhan Keperawatan.
§ Membuat perencanaan pengadaan sarana.
§ Menulis permintaan sarana dan obat-obatan.
§ Melaporkan kerusakan alat/sarana
§ Melakukan iventarisasi sarana
§ Menciptakan disiplin kerja bagi karyawan.
§ Menciptakan iklim kerjasama.
§ Menciptakan l;ingkungan ABCD
§ Mengatur cuti/Daftar Dinas.
§ Pembinaan karyawan.

V. PERAWAT PELAKSANA   :
  
- Memberikan pelayanan langsung dengan proses Keperawatan disertai Sentuhan Kasih Sayang (SKS)    :
§  Membatu Karu dalam penatalaksanaan Ruangan secara Administrasi
§ Mempersiapkan pasien untuk tindakan dalam menghadapi perwatan /pengobatan/diagnosis.
§ Mempertahankan keseimbangan kebutuhan fisik, mental, social, dan spiritual.
§ Melatih pasien untuk menolong dirinya sendiri, sesuai kemampuan.
§ Melaksanakan program medik.
   - Mengatur dan menyiapkan alat :
§ Menciptakan dan memelihara hubungan baik, antara perawat,pasien, keluarga, dokter dan team  lain.
§ Melaksanakan tugas dinas pagi, sore, malam, dan hari libur.
§ Menciptakan dan memelihara kebersihan dan keamanan.
§ Mendampingi dokter visite dan mencatat program.
§ Ikut menunjang program RS Pendidikan.
§ Menghadiri pertemuan ilmiah.
§ Melaporkan keadaan pasien.
§ Membuat laporan harian.
§ Serah terima pasien.
§ Memberikan PKMRS.

VI. PEKARYA  KESEHATAN     :

1.  Perawatan Dasar tidak langsung :
§ Memelihara Ruangan, menyiapkan,  merapihkan dan membersihkan tempat tidur.
§ Menyiapkan larutan desinfektan, Mencuci alat-alat dan mensterilkan.
§ Membersihkan ruangan, langit-langit, ventilasi, dinding pintu, jendela, K.mandi/WC, spoel hock dan lingkungan.
§ Membersihkan alat berpolitur, bercat, logam, kaca /jendela.
§ Melaksanakan tugas dapur, memelihara alat-alat tenun.
2.  Perawatan Dasar Langsung   :
§ Menmgukur S, N, RR, menolong BAB/BAK, Lavament.
§ Menerima pasien baru, mencukur px  yang akan operasi.
§ Memelihara kebersihan mulut, memandikan, merubah posisi.
§ Mnengantarkan konsul, memindahkan pasien, menyuap pasien
3.         Perawatan Dasar yang berhubungan dengan pengobatan, pemeriksaan fisik, penyuluhan, administrasi dasar Ruang Perawatan    :
§ Membantu mengambil/menerima obat-obatan dari farmasi.
§ Membantu menyiapkan/memberikan obat  minum pada pasien.
§ Membantu mengoleskan zalf, membalut luka, memasang/membuka gips.
§ Mengatur, menyimpan, mencatat penerimaan  s/d penggunaan obat-obatan.
§ Pemeriksaan fisik   :
·    Membantu menyiapkan pesan-pesan/obat-obat, membereskan alat penmeriksaan laboratorium.
·    Membantu menyiapkan alat-alat pemeriksaan, formulir, mengambil bahan pemeriksaan.
§ Penyuluhan    :
·    Membantu menyiapkan TT, peralatan pasien, pelaksanaan, penyuluhan sesuai pengetahuan, membereskan alat-alat.
§ Administrasi dasar  :
·    Membantu pencatatan registrasi pasien, pelaporan (Medikal Record).
·    Membantu pelaksnaan permintaan / penukaran barang iventaris sesuai jalur.

VII. PEKARYA  RUMAH TANGGA   :

        Perawatan dasar yang berhubungan dengan Perawat      :
1.      Melaksanakan pekerjaan  yang berhubungan dengan alat-alat tenun :
·    Mengambil hasil cucian, menghitung jenis dan jumlahnya.
2.      Mengambil / menerima kebutuhan alat-alat ruangan   :
·    Mengambil barang-barang/alat-alat kelogistik dan tugas lain sesuai ruangan.
3.      Memelihara kebersihan diluar ruangan   :
·    Menyapu, mengepel Galeray depan/samping, memeriksa got/kebun
4.      Tugas-tugas lain    :
·    Mengantar alat-alat yang rusak untuk diperbaiki ke IPS.
·    Membantu mengangkat alat-alat pasien (Contoh : Tempat Tidur).
5.      Memelihara kebersihan/keindahan  Ruangan dan Lingkungan :
·    Membersihkan K. Mandi, WC, Spoel hock, pintu dan jendela.
·    Membersihkan langit-langit, menyapu, mengepel.
6.      Melaksanakan pekerjaan Dapur    :
·    Mengambil, menyiapkan, menghidangkan makanan sesuai diet.
·    Membersihkan dapur dan alat-alatnya serta iventaris alat-alat dapur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog