Jumat, 25 November 2011

Personal Assesment dalam Manajemen Leadership Skill

By Safrudin Agus Ns

Penilaian terhadap Ketrampilan Diri Dalam Mengelola Suatu Pekerjaan
Untuk mengetahui profil kompetensi ketrampilan anda, berikan tanggapan anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut ini menggunakan skala penilaian yang tersedia.  Berikan penilaian terhadap diri anda seperti apa adanya, bukan memberi penilaian seperti apa yang anda inginkan. Kalau saat ini anda tidak sedang terlibat dalam kegiatan tertentu, berikan respon anda sesuai dengan apa yang mungkin anda lakukan berdasarkan pengalaman anda dalam melakukan kegiatan yang serupa. Mohon bersikap realistis; instrumen ini dirancang untuk membantu anda agar lebih mengetahui apa kebutuhan spesifik anda.


Item penilaian
Sangat setuju
Netral
Sangat tidak setuju
AREAS FOR IMPROVEMENT

PENGETAHUAN TTG DIRI SENDIRI





Saya berusaha mendapatkan informasi tentang kekuatan dan kelemahan saya dari orang lain.



Guna meningkatkan diri, saya bersedia berbagi keyakinan, pengetahuan dan pemahaman serta perasaan saya dengan orang lain.



Saya tahu betul  cara yang saya sukai dalam mengumpulkan informasi dan mengambil keputusan.



Saya  tahu bagaimana cara mengatasi situasi yang membingungkan dan penuh ketidak pastian



Saya memiliki kemampuan dan prinsip pribadi yang cukup matang yang menjadi dasar prilaku saya.



Saya selalu melakukan upaya lebih besar dan memiliki inisiatif yang lebih daripada yang diharapkan dalam pekerjaan saya.



Saya terus menerus meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan saya.



Saya berteman dengan siapa saja tanpa memandang tingkatan di tempat pekerjaan.



Dalam pekerjaan, saya secara konsisten berusaha mengembangkan gagasan-gagasan baru, berinisiatif melakukan kegiatan baru, dan meminimalkan tugas-tugas rutin.



PENGELOLAAN WAKTU/STRESS





Saya menerapkan metode pengelolaan waktu yang efektif, misalnya: membagi waktu sebaik-baiknya, membuat daftar apa yang harus saya kerjakan dan menentukan prioritas tugas yang saya kerjakan.




Saya hampir selalu menaati prioritas yang sudah saya tentukan, sehingga hal-hal yang kurang penting tidak sampai mengagalkan hal-hal yang lebih penting yang harus saya kerjakan .



Secara teratur saya melakukan olah raga untuk kebugaran.



Saya selalu terbuka kepada orang yang saya percayai dan dapat menjadi tempat saya menceriterakan kegelisahan –kegelisahan/rasa frustrasi saya.



Saya tahu dan melakukan berbagai teknik relaksasi sementara seperti mengambil nafas dalam dan melemaskan otot.



Saya berusaha mendefinisikan masalah dengan cara lain sebagai kesempatan untuk peningkatan diri.



PEMECAHAN MASALAH




AREAS FOR IMPROVEMENT
Saya selalu berusaha menguraikan suatu masalah dengan jelas dan terbuka.




Saya selalu berusaha mendapatkan lebih dari satu cara untuk memecahkan suatu masalah.



Saya selalu membuat langkah-langkah yang jelas dalam pemecahan masalah: merumuskan definisi masalahnya; mencari alternatif pemecahannya; menemukan cara pemecahannya.



Saya mencoba untuk fleksibel dalam mengadakan pendekatan terhadap suatu masalah; saya tidak mengandalkan pengetahuan/pengalaman yang sudah saya alami saja atau mengikuti praktek/kebiasaan yang telah lalu.



Saya berusaha membebaskan pikiran saya dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hakikat suatu masalah.



Seringkali saya menggunakan metafora atau analogi untuk membantu menganalisis dan menemukan seperti apa lagi masalah tersebut.



Saya tidak mengevaluasi manfaat setiap alternatif pemecahan masalah sebelum saya menemukan berbagai alternatif.



Saya berusaha memastikan bahwa selalu ada perbedaan sudut pandang dalam upaya pemecahan suatu masalah dalam kelompok.



Saya mencoba memperoleh informasi tentang apa yang disukai dan diharapkan oleh teman-teman lain.



Saya menghargai mereka yang mengembangkan gagasan, mereka yang mendukung  gagasan orang lain dan mereka yang menyediakan sumber daya untuk dapat melaksanakannya.




 

PENILAIAN TERHADAP KINERJA




AREAS FOR IMPROVEMENT
Saya membantu orang lain untuk menyadari dan menyebutkan masalah mereka sendiri pada waktu melakukan konseling.




Saya mengetahui dengan jelas kapan saat yang tepat dan tidak tepat untuk memberikan nasehat dan arahan kepada orang lain.



Saya selalu memberikan umpan balik yang mengarah pada masalah dan pemecahannya, bukan pada karakteristik pribadi.



Umpan balik yang saya berikan selalu bersifat spesifik dan menuju sasaran, tidak umum dan mengambang.



Dalam memberikan umpan balik negatif saya berusaha mendeskripsikannya – yaitu: saya mendeskripsikan kejadiannya, akibat-akibatnya dan perasaan saya terhadap kejadian itu secara obyektif.



Saya bertanggung jawab terhadap pernyataan dan  pandangan saya misalnya dengan mengatakan”Saya telah memutuskan…” dan bukan “Mereka telah memutuskan …”



Saya berusaha untuk fleksibel dan terbuka ketika mengemukakan pendapat saya terhadap pendapat yang sangat bertentangan walaupun saya sangat tidak menyetujui pendapat itu.



Saya tidak memandang rendah mereka yang kemampuan atau pengetahuannya lebih sedikit daripada saya.




Saya tidak mendominasi percakapan dengan orang lain.



Saya selalu menghindari penggunaan ancaman atau tuntutan untuk memaksakan kehendak saya kepada orang lain.



Saya selalu berusaha mengetahui apakah seseorang memiliki sumber daya dan dukungan untuk dapat berhasil dalam pelaksanaan suatu tugas.



Saya memberikan berbagai jenis imbalan untuk merangsang kinerja yang luar biasa.



Saya membuat rancangan penugasan yang saya berikan untuk membuatnya menarik dan menantang.



Saya memastikan bahwa orang yang telah melaksanakan tugasnya akan mendapatkan umpan balik tepat waktu dari orang-orang yang terkait dengan tugas tersebut.



Saya selalu membantu orang lain merumuskan tujuan kerja yang menantang, spesifik dan berbatas waktu



Hanya  sebagai usaha terakhir saya mau menugaskan kembali atau melepaskan seseorang yang menunjukkan kinerja yang kurang memuaskan.



Saya secara konsisten mendisiplinkan mereka yang usahanya  berada dibawah harapan dan kemampuan.



Saya memastikan bahwa orang-orang merasa diperlakukan adil dan setara.



Saya memberikan pujian langsung atau bentuk-bentuk penghargaan  lain untuk prestasi-prestasi yang bermakna.



Saya menghindari untuk membuat tuduhan pribadi dan memberikan alasan atas kepentingan diri sendiri kepada orang lain.




Saya mendorong terjadinya interaksi dua arah dengan meminta responden untuk mengemukakan pandangan pribadinya dan mengajukan pertanyaan.



Saya mengajukan  permintaan yang spesifik, merincikan pilihan yang lebih dapat diterima



Saya memberikan  perhatian dan minat yang sungguh-sungguh, walaupun saya merasa tidak setuju.



Saya mencari informasi tambahan dengan mengajukan petanyaan yang memberikan informasi spesifik dan deskriptif



Saya meminta pendapat orang lain untuk menyarankan perilaku-perilaku yang lebih dapat diterima



Saya tidak memihak tetapi tetap netral



Saya membantu kelompok/berbagai pihak untuk membuat alternatif-alternatif lain.



Saya membantu kelompok/berbagai pihak menemukan bidang-bidang yang dapat disepakati.



Saya menolak untuk melakukan tawar menawar dengan individu yang menggunakan taktik-taktik negosiasi dengan melakukan tekanan.



KERJASAMA TIM




AREAS FOR IMPROVEMENT
Saya membatu orang-orang merasa kompeten dalam pekerjaan mereka dengan mengakui serta merayakan keberhasilan mereka




Saya memberikan umpan balik secara teratur dan dukungan  yang diperlukan



Saya mencoba memberikan semua informasi yang diperlukan orang lain untuk menyelesaian tugas mereka.



Saya memberikan perhatian pribadi kepada setiap orang yang berurusan dengan saya.



Saya menetapkan dengan jelas hasil-hasil yang saya inginkan.



Saya menetapkan dengan jelas tingkat inisiatif yang saya inginkan dari orang lain (misalnya, menunggu arahan, menyelesaikan sebagian tugas dan membuat laporan, mengerjakan seluruh tugas dan memberikan laporan, dan seterusnya)



Saya mengundang partisipasi mereka  yang terlibat dalam  tugas untuk menentukan waktu dan cara  mengerjakan tugas yang diberikan.



Pada saat terjadi masalah, saya minta mereka mengajukan rekomendasi pemecahannya, tidak hanya menunggu saran atau jawaban dari atas.



Secara teratur saya menindak lanjuti dan memelihara akuntabilitas tugas-tugas yang didelegasikan.



Saya membantu agar anggota tim saling mempercayai  satu sama lain dan juga mempercayai saya.



Saya membantu anggota tim belajar memainkan peran yang membantu penyelesaian tugas tim serta membangun hubungan interpersonal yang erat.



Saya mendorong adanya falsafah “win/win” di dalam tim- yaitu: keberhasilan satu anggota tim berarti juga keberhasilan  seluruh anggota tim.




Saya mendorong tim melakukan terobosan besar dengan melakukan inovasi-inovasi dan juga peningkatan-peningkatan kecil  yang berkelanjutan.



Untuk anggota tim yang sulit  diajak bekerja, saya berusaha menanganinya  secara efektif dengan  melakukan komunikasi yang suportif, menangani suatu  konflik bersama-sama, dan memberdayakan mereka.






SUMMARY
AREAS OF STRENGTH






AREAS FOR IMPROVEMENT







PLAN FOR IMPROVEMENT: WHAT WILL I DO TO IMPROVE?








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog