Jumat, 20 April 2012

Komunikasi Organisasi Umiati 2C

Umiati  2C DIII Keperawatan

Resume Komunikasi Organisasi


Meskipun komunikasi organisasi adalah kompleks, strategi berikut dapat meningkatkan kemungkinan komunikasi yang jelas dan lengkap:
a. Manajer harus menilai komunikasi.siapa berkomunikasi dengan siapa dalam organisasi? Apakah komunikasi yang tepat waktu Apakah komunikasi dalam organisasi formal setuju dengan garis resmi otoritas?? Apakah ada konflik atau perbedaan pendapat tentang komunikasi? Apa modus komunikasi yang digunakan?
b. Manajer harus memahami struktur organisasi dan mengakui yang akan dipengaruhi oleh jaringan komunikasi keputusan.formal dan informal keduanya harus dianggap jaringan komunikasi.Formal mengikuti garis formal otoritas dalam jaringan hirarki.Informal organisasi komunikasi terjadi di antara orang yang sama atau berbagai tingkat hirarki organisasi tetapi tidak menunjukkan kekuasaan formal contoh otoritas atau responsibilitas.untuk, jaringan komunikasi informal mungkin terjadi antara CEO sebuah rumah sakit dan pegawainya, yang seorang pegawai pada sayap.Meskipun medis mungkin ada pertukaran yang signifikan informasi mengenai unit atau fungsi organisasi, jaringan komunikasi tidak akan menjadi nyata pada bagiannya.organisasi itu sangat penting, bahwa manajer sangat berhati-hati tentang apa yang mereka katakan dan kepada siapa sampai mereka memiliki pemahaman yang baik dari komunikasi formal dan informal jaringan.
c. Komunikasi bukanlah jaringan satu arah.jika departemen lain atau disiplin ilmu akan terpengaruh oleh pesan, manajer harus berkonsultasi dengan daerah-daerah untuk umpan balik sebelum komunikasi terjadi.
d. Komunikasi harus jelas, sederhana dan tepat.Ini mengharuskan pengirim untuk menyesuaikan bahasa mereka yang diperlukan untuk target audien.
e. Pengirim harus mencari umpan balik mengenai apakah komunikasi mereka secara akurat penerimaannya.satu cara untuk melakukan ini adalah untuk meminta penerima untuk mengulang komunikasi atau penambahan intruksi.Dalam pengiriman harus terus tindak lanjut komunikasi dalam upaya untuk menentukan apakah komunikasi tersebut menjadi di tindaklanjuti.

Pengirim bertanggung jawab untuk memastikan agar pesan tersebut dipahami.
a. Beberapa metode komunikasi harus digunakan, bila mungkin, jika pesan itu penting. Menggunakan berbagai metode komunikasi dalam kombinasi meningkatkan kemungkinan bahwa setiap orang dalam organisasi yang perlu mendengar pesan akan benar-benar mendengarnya.
b. Manajer seharusnya tidak membanjiri bawahan dengan informasi yang tidak perlu. Informasi adalah formal, inpersonal dan tidak terpengaruh oleh emosi, nilai, harapan, dan persepsi.Komunikasi, di tangan, melibatkan persepsi dan feeling.Itu tidak tergantung pada informasi dan dapat mewakili kontras pengalaman. bersama dalam berbagi informasi, atasan harus terus berkomunikasi dengan bawahan.

Komunikasi Mode
Kejelasan Pesan itu sangat dipengaruhi oleh cara menggunakan komunikasi.Dalam umum, komunikasi yang lebih langsung, semakin besar kemungkinan bahwa itu akan menjadi jelas. Semakin banyak orang terlibat dalam penyaringan komunikasi, semakin besar kemungkinan manajer distorsi.Ini harus mengevaluasi keadaan masing-masing individu untuk menentukan mode atau kombinasi mode optimal untuk manajer dalam setiap situasi.ini menggunakan mode berikut komunikasi yang paling sering:
a. Pesan communication.Tulisan tertulis (termasuk e-mail yang akan dibahas kemudian dalam bab ini) memungkinkan untuk dokumentasi.Mereka dapat, bagaimanapun, terbuka bagi berbagai penafsiran dan umumnya menggunakan manajer waktu.lebih banyak manajerial yang dibutuhkan untuk melakukan cukup banyak tipe komunikasi ini dan karena itu perlu untuk dapat menulis dengan jelas.
b. Komunikasi tatap muka communication.Oral berlangsung cepat tetapi bisa menghasilkan lebih sedikit orang menerima informasi .Managers harus berkomunikasi secara verbal atas dan ke bawah dan secara resmi dan informally.mereka juga berkomunikasi secara verbal pertemuan informal dengan orang-orang dalam kelompok kerja tim dan ketika membuat resmi presentasi.
c. Komunikasi Telepon.adalah panggilan telepon yang cepat dan memungkinkan penerima untuk memperjelas pemberian pesan pada saat itu.bagaimanapun, memungkinkan penerimaan pesan nonverbal untuk pesan baik dari pengirim atau penerima.Aksen mungkin sulit untuk mengatasi memahami asa baik dalam mejer tenaga kerja.karena multikultural saat ini menggunakan telepon begitu banyak, telah menjadi alat komunikasi dan penting, tetapi tidak memiliki batasan sebagai perangkat komunikasi yang efektif.
d.Komunikasi Nonverbal. Komunikasi nonverbal meliputi ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan umumnya disebut sebagai bahasa tubuh.Komunikasi nonverbal dianggap lebih handal karena menyampaikan bagian emosional pesan. Ada signifikan dengar, namun, dalam salah menafsirkan pesan nonverbal jika mereka tidak dinilai dalam konteks dengan pesan verbal. Komunikasi nonverbal terjadi setiap manajer waktu terlihat (misalnya, pesan akan dikirimkan kepada bawahan setiap kali manajer berkomunikasi secara verbal atau hanya berjalan menyusuri lorong )

UNSUR komunikasi nonverbal
Ruang
Studi tentang bagaimana ruang dan wilayah mempengaruhi komunikasi disebut proksemik(Loo, nd). Kita semua memiliki zona tak terlihat dari kenyamanan psikologis yang bertindak sebagai penyangga terhadap penyentuh yang tidak diinginkan dan serangan. Tingkat ruang kita


TERTULIS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Meskipun komunikasi dapat mengambil banyak bentuk, komunikasi tertulis paling sering digunakan dalam organisasi besar. Komunikasi tertulis yang dikeluarkan oleh manajer sangat mencerminkan pada kedua manajer dan organisasi. Dengan demikian, manajer harus mampu menulis dengan jelas dan profesional dan menggunakan bahasa yang bisa dimengerti. Banyak jenis komunikasi tertulis yang digunakan dalam organisasi. Kebijakan organisasi, prosedur, peristiwa, dan perubahan dapat diumumkan dalam penulisan. Deskripsi pekerjaan, penilaian kinerja, dan surat referensi juga bentuk komunikasi tertulis.

Seringkali, meskipun, komunikasi tertulis yang paling digunakan oleh manajer dalam kehidupan kerja sehari-hari adalah memo itu. Perkins dan Brizee (2010) menunjukkan bahwa memo bisnis memiliki tujuan ganda: Mereka membawa perhatian terhadap masalah, dan mereka memecahkan masalah. Dengan demikian, penting untuk memilih para penikmat memo bijak dan untuk memastikan bahwa setiap orang dalam daftar distribusi memo itu benar-benar perlu membacanya. Biasanya, memo harus dikirim ke hanya sejumlah kecil sampai sedang orang. Selain itu, memo tidak boleh digunakan untuk pesan yang sangat sensitif, yang lebih baik dikomunikasikan tatap muka atau melalui telepon (Perkins dan Brizee).

Karena menulis adalah keterampilan yang dipelajari yang dapat disembuhkan dengan praktik, Bantuan Pusat menunjukkan berikut penulisan korespondensi yang profesional:
a. Jaga pesan Anda singkat dan ringkas. Kurang dari satu halaman selalu disukai
b. Fokus pada kebutuhan penerima itu. Pastikan bahwa komunikasi Anda alamat harapan penerima dan apa yang dia perlu tahu.
c. Gunakan bahasa sederhana sehingga pesannya jelas. Jauhkan paragraf untuk kurang dari tiga atau empat kalimat.
d. Tinjau pesan dan merevisi sesuai kebutuhan. Hampir semua komunikasi penting membutuhkan beberapa rancangan. selalu membaca ulang komunikasi tertulis sebelum mengirimnya. Carilah daerah yang mungkin disalahpahami. Perhatikan nada. Apakah semua pionts kunci telah dibuat?
e. Gunakan ejaan dan tata bahasa cek untuk memastikan bahwa komunikasi terlihat profesional. Ingat bahwa dokumen Anda adalah refleksi langsung dari Anda, dan bahkan pesan yang paling penting mungkin akan diabaikan jika komunikasi tersebut dirasakan sebagai tidak profesional.

Thompson (2007) menambahkan saran tambahan berikut untuk menulis memo yang efektif dalam komunikasi bisnis:
a. Pastikan bahwa Anda telah membahas pembaca (s) dengan nama yang benar nya. Tambahkan jabatan bersama dengan nama jika memo itu lebih formal.
b. Sertakan baris subjek, bila perlu, untuk meringkas tujuan memo itu.
c. Jauhkan memo itu singkat, jelas, dan to the point dan termasuk peluru atau judul untuk menekankan poin-poin kunci.
d. Jangan menyertakan salam atau penutupan gratis di memo.
e. Gunakan paragraf pertama untuk mengekspresikan konteks atau tujuan dari memo tersebut dan untuk memperkenalkan masalah. Dalam paragraf selanjutnya, alamat apa yang telah dilakukan atau perlu dilakukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Dalam penutupan, menjelaskan apa yang pembaca diharapkan untuk melakukan.
f. Tambahkan kesimpulan untuk meringkas memo itu dan mengatasi setiap lampiran yang merupakan bagian dari memo itu.


Perkins dan Brizee (2010) menunjukkan bahwa segmen ini harus dialokasikan dengan cara berikut:
a. Header (termasuk ke, dari, tanggal, dan baris subjek): 1/8 dari memo itu.
b. Pembukaan, konteks dan tugas (termasuk tujuan memo itu, konteks dan masalah dan tugas spesifik atau tugas): 1/4 dari memo itu.
c. Ringkasan, Pembahasan segmen (detail yang mendukung ide-ide Anda atau paket): 1/2 dari memo itu.
d. Clossing segmen attacments diperlukan (tindakan yang Anda ingin pembaca Anda untuk mengambil dan notasi tentang apa attacments disertakan): 1/8 dari memo itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog