Sabtu, 09 Juni 2012

Hasil Pembelajaran (Learning Outcome)


Apa yang dimaksud dengan hasil pembelajaran? Pikirkan sejenak tentang kursus atau sesi pelatihan dimana Anda saat ini pernah terlibat.  Identifikasi satu keterampilan yang menurut Anda akan menjadi penting untuk diketahui atau dikerjakan pada akhir periode pembelajaran. Jika Anda mampu melakukan ini, maka Anda mulai membangun hasil belajar. Definisi hasil belajar hasil pembelajaran adalah pernyataan yang menggambarkan pembelajaran yang signifikan dan penting bahwa peserta didik telah dicapai, dan dipercaya bisa menunjukkan pada akhir kursus atau program.  Dengan kata lain, hasil belajar mengidentifikasi apa yang pelajar akan tahu dan dapat melakukan pada akhir kursus atau program. 

Spady, (1994), seorang peneliti pendidikan yang mempelopori pengembangan pendidikan berdasarkan hasil, menunjukkan bahwa kemampuan menunjukkan belajar adalah titik kunci. Ini demonstrasi pembelajaran melibatkan kinerja dari beberapa jenis untuk menunjukkan pembelajaran yang signifikan, atau belajar yang penting. Dia mengklaim bahwa konten yang signifikan adalah penting, tetapi bahwa konten saja tidak cukup sebagai hasil. Sebaliknya, pengetahuan tentang konten harus diwujudkan melalui proses demonstrasi dari beberapa jenis. 

Sebuah pernyataan hasil yang menggabungkan pengetahuan ini dalam demonstrasi kinerja dapat meliputi:
• Pelajar telah menunjukkan kemampuan untuk melakukan perbaikan mesin pada berbagai mobil.
Dalam pernyataan di atas, kemampuan untuk melakukan perbaikan mesin menyiratkan bahwa orang yang memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk melakukannya. Laporan kinerja termasuk keterampilan berpikir tingkat yang lebih tinggi serta keterampilan psikomotor. Perhatikan pernyataan hasil belajar berikut:
Pelajar akan menunjukkan kemampuan untuk menganalisis mesin dan membuat keputusan mengenai perbaikan yang diperlukan untuk berbagai mobil. Spady, juga membahas pengaturan konteks atau kinerja di mana demonstrasi kinerja terjadi. Dia menyarankan berbagai konteks kinerja dari bahwa demonstrasi kelas belajar bagi mereka yang melibatkan hidup sukses dalam masyarakat yang lebih luas. 

Dengan demikian, hasil tertinggi tingkat dapat dilihat dari keterampilan umum seperti persiapan peserta didik untuk menjadi pemecah masalah, perencana, pencipta, pelajar dan pemikir, komunikator dll, terlepas dari bidang studi dipelajari. Hasil pembelajaran mengacu diamati dan terukur,: pengetahuan, keterampilan dan sikap.  Contoh laporan hasil belajar Para mahasiswa yang sukses telah andal menunjukkan kemampuan untuk:
  • Memberi obat sesuai dengan pedoman pemberian obat
  • Membuat keputusan harga dengan menggunakan biaya relevan dan faktor profitabilitas.


Karakteristik Belajar Laporan Hasil
Hasil pembelajaran harus:
• mencerminkan pengetahuan konseptual yang luas dan keterampilan kejuruan dan generik adaptif
• mencerminkan pengetahuan yang esensial, keterampilan atau sikap;
• berfokus pada hasil dari pengalaman belajar;
• mencerminkan akhir yang diinginkan dari pengalaman belajar, bukan sarana atau proses;
• mewakili kinerja minimum yang harus dicapai untuk berhasil menyelesaikan kursus atau program;
• menjawab pertanyaan, "Mengapa mahasiswa mengambil kursus ini?"Hasil pembelajaran pernyataan dapat dianggap sebagai perilaku keluar.________________________________________

Latar Belakang dan Konteks Pengembangan Hasil BelajarAnda mungkin telah melihat laporan hasil belajar pada garis besar kursus berbagai perguruan tinggi, termasuk kursus ini. Atau, Anda mungkin telah melihat laporan hasil belajar yang mencerminkan tingkat anak-anak Anda diharapkan pembelajaran pada tingkat kelas tertentu. Hasil pembelajaran mencerminkan gerakan menuju hasil pembelajaran berdasarkan (OBL) di dasar, menengah, dan posting sistem pendidikan sekunder seluruh Amerika Utara, dan seterusnya. Gerakan ini, pada gilirannya, dipengaruhi oleh tekanan publik untuk menjamin akuntabilitas yang lebih besar dan konsistensi dalam sistem pendidikan. Melalui pembuatan laporan hasil, dan evaluasi kinerja peserta didik dalam hubungannya dengan laporan keuangan tersebut, diyakini oleh beberapa bahwa sistem pendidikan lebih akuntabel akan terjadi. Karena belajar fokus hasil pada hasil akhir belajar, terlepas dari bagaimana atau di mana pembelajaran yang terjadi, perkembangan mereka berfungsi untuk menawarkan potensi untuk peningkatan akses kesempatan belajar melalui penilaian belajar sebelumnya.
Hasil pendidikan berbasis diperkirakan memberikan lebih besar:
* Konsistensi - dalam penawaran saja di seluruh sistem pendidikan
* Akuntabilitas - harapan untuk pembelajaran secara jelas dinyatakan, dan proses penilaian sering membantu baik guru dan siswa mengidentifikasi kemajuan mencapai hasil
* Aksesibilitas - hasil yang jelas memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan pencapaian hasil melalui orang-orang sebelum proses penilaian pembelajaran.
Pengaruh globalPada tahun 1990, ekonomi global dan persyaratan tempat kerja bergeser ke arah berbasis luas, keterampilan dipindahtangankan. Misalnya, Dewan Konferensi Kanada daftar keterampilan berikut sebagai penting bagi tempat kerja:
• Kemampuan untuk bekerja dalam tim
• Komunikasi efektif
• kemampuan untuk memecahkan masalah
Pengaruh Lokal Sebuah kajian komprehensif mandat dari sistem perguruan tinggi Ontario pada awal 1990 di rekomendasikan standar program dikembangkan sebagai cara untuk memastikan pemrograman kualitas yang lebih baik. Penciptaan standar program juga dilihat sebagai cara yang memungkinkan peserta didik untuk menerima pengakuan atas pembelajaran sebelumnya ketika mentransfer dari satu program kuliah yang lain. (Visi 2000, 1992) Sebagai konsekuensi dari keputusan ini, tubuh yang disebut Standar College dan Komite Akreditasi (CSAC) didirikan untuk menjamin standar dan konsistensi di perguruan tinggi di seluruh provinsi. Badan ini diberi wewenang untuk menyetujui standar program yang program hasil belajar untuk semua program perguruan tinggi diploma kejuruan. (Diploma program kuliah tiga tahun panjangnya). Lebih lanjut mengembangkan seperangkat standar keterampilan generik atau hasil yang semua lulusan perguruan tinggi dari program diploma diharapkan untuk mendemonstrasikan setelah lulus. Perguruan tinggi individu diberi tanggung jawab untuk membangun Hasil Belajar untuk program Pendidikan Umum, dan untuk kursus dalam program perguruan tinggi.

Kuliah Konteks Dalam sistem perguruan tinggi, hasil pembelajaran ditulis pada:
• PROGRAM tingkat
• KURSUS tingkat BELAJAR HASIL dalam sistem perguruan tinggi dapat mengekspresikan
• Keterampilan Kejuruan
• Keterampilan Generik
• Pendidikan Umum
Pedoman Penulisan Hasil Belajar Kursus Hasil Belajar ditulis pada program harus:
Harapan negara • jelas - peserta didik tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menunjukkan bahwa mereka telah mencapai hasil pembelajaran;
• memuncak mewakili kinerja pembelajaran dan prestasi; (artinya tahap tertinggi perkembangan, atau keluar, akhir kinerja);
• menggambarkan kinerja yang signifikan, penting, dan dapat diverifikasi;(Berarti bahwa pertunjukan dapat diverifikasi atau diamati dalam beberapa cara dan bahwa mereka mewakili lebih dari satu aspek kecil dari perilaku, ini juga berarti bahwa kinerja dianggap penting untuk berhasil di kursus)
• sebaiknya menyatakan hanya SATU kinerja per hasil;
• mengacu pada pembelajaran yang dapat dialihkan;(Berarti bahwa pembelajaran dengan mudah dapat ditransfer dari kelas untuk lingkungan tempat kerja, atau dari satu lingkungan tempat kerja yang lain, dll)
• tidak mendikte isi kurikulum;(Berarti bahwa mungkin ada sejumlah cara yang berbeda untuk mencapai hasilnya.)
• mencerminkan prinsip-prinsip utama dari ekuitas dan keadilan dan mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang beragam.
• mewakili tingkat yang dapat diterima minimal kinerja bahwa seorang siswa perlu menunjukkan agar dapat dianggap berhasil.
(Sumber:. Pedoman Pengembangan Standar Prestasi melalui Hasil Belajar, 1994 Standar College dan Komite Akreditasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog