KOMUNIKASI ORGANISASI
A. DEFINISI FUNGSIONAL KOMNIKASI ORGANISASI
Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu.
Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Gambaran Sistem Komnikasi Organisasi
Unit Komunikasi
§ Suatu sistem didefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan yang mampu berada dalam dua keadaan atau lebih” .
§ Dalam suatu sistem komunikasi, keadaan itu adalah hubungan antara orang-orang.
§ Suatu sistem didefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan yang mampu berada dalam dua keadaan atau lebih” .
- Unit mendasar komunikasi organisasi adalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan, menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saat yang sama jabatan tsb dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambar yang sesuai dengan keadaan orang tsb.
POSISI
PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI
§ Komunikasi Internal
ú Komunikasi Vertikal
ú Komunikasi Horizontal
ú Komunikasi Diagonal
§ Komunikasi Eksternal
Efektivitas komunikasi dlm organisasi dipengaruhi oleh bbrp faktor :
1. Saluran komunikasi formal
2. Struktur organisasi
3. Spesialisasi jabatan
4. Pemilikan informasi
1. Saluran komunikasi formal (SKF)
SKF mempengaruhi efektifitas komunikasi dg 2 cara :
§ Liputan sal. Formal makin melebar sesuai dg tumbang organisasi
ex. Komunikasi efektif sulit dicapai dlm organisasi yg besar dan cabang2nya menyebar
2. Struktur wewenang organisasi
Perbedaan kekuasaan dan kedudukan (status) dlm organisasi akan menentukan pihak2 yang berkomunikasi dg seseorang serta isi & ketepatan komunikasi
3. Spesialisasi jabatan
Para anggota suatu kelompok kerja yang sama akan cenderung berkomunikasi dg istilah, tujuan, waktu dan gaya yang sama
Komunikasi antar kelompok yang berbeda cenderung terhambat
4. Pemilikan informasi
Individu yang mempunyai informasi khusus dan pengetahuan ttg pekerjaan mereka
Ex. Kepala bidang perawatan, kepala tata usaha
Komunikasi dlm tim
U/ mendorong tjdnya komunikasi, pemimpin tim harus memperhatikan prinsip2 berikut :
§ Seluruh anggota tim harus bebas mengemukakan dan menjelaskan pandangan2 mereka dan harus disorong bertindak spt itu
§ Pesan baik lisan/tertulis harus jelas, bahasa mudah dimengerti
§ Komunikasi dpt berjalan bila antara komunikator dan komunikan terjadi hub yg baik
§ Perbedaan pendapat harus diarahkan pada hal yg konstruktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog