Selasa, 11 Desember 2012

Masalah Pernapasan dan Cara Mengatasinya

Siapa ya yang mau kena sakit? Kita tidak tahu kapan sakit, namun kita perlu memahami bagaimana masalah pernafasan dan mengetahui bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat
Masalah pernapasan atau asma sangat mengganggu penderitanya bila sedang kambuh. Setiap penderita asma harus melakukan tindakan pencegahan, namun jika masalah pernapasan sedang timbul, maka konsultasi ke dokter spesialis sangat disarankan.
Dokter spesialis asma akan memberikan obat asma untuk mengatasi masalah pernapasan tersebut. Untuk penyakit asma ringan, penderita boleh menggunakan obat asma, yaitu bronkolidator dalam bentuk tablet, kapsul atau sirup.
Untuk mempercepat menghilangkan gejala asma, penderita mengkonsumsi obat asma jenis aerosol. Namun, obat asma biasanya hanya menghilangkan gejala asma saja dan tidak menyembuhkan penyakit asma.
Oleh karena itu, sebaiknya masalah pernapasan ini sedapat mungkin dicegah, jika faktor pemicunya diketahui sehingga penderita asma dapat menjalani aktivitas hidup sehari-hari.
Berikut adalah cara mengatasi gejala masalah pernapasan:
1. Menjaga kesehatan, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi yang baik, banyak minum air putih, istirahat yang cukup dan olahraga yang sesuai. Dengan menjaga kesehatan, daya tahan tubuh penderita asma menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit asma.
2. Menjaga kebersihan lingkungan dimana penderita asma tinggal dan beraktivitas. Lingkungan ini sebaiknya memiliki ventilasi udara yang baik, cahaya matahari yang cukup, tidak lembab dan bersih. Sedapat mungkin, ruangan tidak dipenuhi banyak barang untuk menghindari debu, kecoa atau binatang lainnya.
3. Menghindari faktor pemicu masalah pernapasan. Ada baiknya, pasien berkonsultasi ke dokter spesialis untuk melakukan beberapa tes faktor pemicu asma. Salah satu tes ini adalah tes alergi.
Alergen yang biasanya merupakan pencetus gejala asma adalah debu, kucing, anjing, burung, kecoa, dan tikus. Selain itu, hindari zat-zat yang merangsang saluran pernapasan seperti asap rokok, asap mobil, uap zat kimia dan udara kotor lainnya. Hindari juga kelelahan yang berlebihan, hal ini dapat diatasi dengan istirahat dan rekreasi yang cukup.
4. Pelihara kesehatan jiwa Anda. Hindari stress dan kontrol emosi Anda. Emosi yang berlebihan dapat menyebabkan serangan penyakit asma secara tiba-tiba. Dengan memperhatikan hal tersebut diatas, niscaya masalah pernapasan Anda dapat diatasi dengan baik.
Salam hangat saya untuk orang terdekat Anda,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog