Kamis, 20 Desember 2012

Mendidik Anak Tentang Seks


Berak bicara tentang seks terutama untuk anak-anak tentu perlu penjelasan yang mudah dimengerti dengan bahasa mereka. Sekarang banyak fakta yang menunjukkan betapa banyak maraknya pacaran di tempat umum. Seolah sekarang perilaku sek bebas tidak lagi terpisahkan di negeri kita ini. Mendasar survei yang dilakukan IPPF terhadap 7662 orang yang terbagi ke dalam dua kelompok usia yaitu 16 sampai 24 tahun dan usia 25 sampai 34 tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa sekitar 38 persen remaja mengaku mendapatkan informasi dan belajar seputar seks dari teman-teman sebayanya. 
Mendidik anak soal seks sejak dini adalah langkah yang baik dan benar. Mengapa? Karena Anda sedang mempersiapkan anak Anda untuk masuk ke dalam fase perkembangan menjadi dewasa.
Tidak semua hal memang perlu dijelaskan secara detail, apalagi jika anak Anda adalah masih berusia sekolah dasar. Oleh sebab itu, ajarkanlah ia mengenai ini sesuai dengan kemampuan pikirannya.
Lalu kalau begitu para orangtua, "Apa harus Anda ajarkan kepada anak Anda soal seks?" Jawaban yang muncul atas pertanyaan ini bisa beraneka ragam. Namun, penulis akan mengungkapkan 3 hal penting mengenai seks yang perlu Anda sampaikan kepada buah hati Anda yang usianya berada di kategori sekolah dasar :
Pertama, adalah tentang alat kelamin. Pada usia 6-12 tahun, keingintahuan anak pasti begitu besar. Segala sesuatu akan ia tanyakan, khususnya mengenai alat kelamin: "Mengapa punya saya (laki-laki) seperti ini, kok tapi dia (perempuan) seperti itu?" Sebagai orangtua, Anda tidak perlu memarahi anak Anda kalau dia bertanya seperti itu. Terangkan saja dengan bahasa yang anak Anda mengerti yakni bahwa Tuhan memang menciptakan dua jenis manusia yakni laki-laki dan perempuan dimana diantara mereka terdapat ciri-ciri fisik yang cukup berbeda. Khusus pada alat kelamin, di laki-laki terdapat buah zakar, sedangkan di wanita tidak mempunyainya.
Kedua, adalah tentang menstruasi. Ketika menjelaskan tentang hal ini maka jelaskan kepada anak bahwa menstruasi adalah periode tubuh yang harus dialami seluruh anak perempuan yang beranjak besar. Perlu diingatkan juga kepada anak Anda bahwa masa awal menstruasi pada gadis berbeda-beda. Jadi tidak bisa disamakan antara satu dengan yang lain. Jika si A kok sudah menstruasi, B kok belum padahal usia mereka sama.
Ketiga, adalah tentang akil balig. Masa akil balig merupakan waktu paling krusial di dalam kehidupan manusia dimana di saat itu hormon-hormon akan meningkat dan bentuk fisik manusia juga ikut berubah. Ketika akil balig, salah satu hal yang cukup terlibat secara fisik pada pria adalah di suaranya dimana suara anak laki-laki akan menjadi berat (karena tumbuh jakun), sedangkan pada wanita adalah buah dada mereka umumnya akan membesar.
Selain tiga hal diatas, nilai-nilai tentang tanggung jawab kepada tubuh perlu ditanamkan juga kepada anak Anda. Ingatkan bahwa ia adalah ciptaan Tuhan yang berharga sehingga mereka harus menjaga tubuh mereka dengan baik.
Jangan lupa berdoa lah kepada Tuhan ketika mengajarkan anak Anda tentang seks agar pada saat Anda menyampaikan tentang materi itu, ia menangkap dengan pikiran dan hati yang benar.
disarikan dari berbagai sumber:
http://www.jawaban.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berikan komentar atau follow this blog